• Friday, 18 October 2024

Jakarta Diproyeksikan Menjadi Pusat Bisnis dan Keuangan Setelah Nusantara Menjadi Ibu Kota

Jakarta Diproyeksikan Menjadi Pusat Bisnis dan Keuangan Setelah Nusantara Menjadi Ibu Kota
Monumen Nasional (MONAS). Photo : Jakarta Tourism

SEAToday.com, JakartaKepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan Jakarta akan menjadi kota pusat bisnis dan finansial setelah Nusantara (IKN) menjadi ibu kota Indonesia.

Pemerintah akan memulai pemindahan Ibu kota ke IKN tahun ini. Bambang mengatakan bahwa dengan jumlah penduduk Jakarta saat ini, Jakarta akan menjadi pusat keuangan atau financial superhub. Ia mencontohkan bahwa hal ini telah dilakukan Kazakshtan dengan Astana, ibu kota baru setelah Almaty. Oleh karena itu, Indonesia dan Kazakshtan menandatangani nota kesepahaman dan menjadikan IKN dan Astana sebagai sister city.

Bambang menyebutkan pemindahan ibu kota ke IKN akan menciptakan hubungan yang saling menguatkan bagi dua kota dengan Jakarta berfungsi sebagai pusat bisnis dan keuangan, sedangkan IKN akan menjadi kota cerdas dan inklusif. IKN juga akan menjadi pusat ekonomi di luar Pulau Jawa.

Share
ESG
AMAN Plants 10,000 Mangroves for Net Zero Goal on World Environment Day 2024

AMAN Plants 10,000 Mangroves for Net Zero Goal on World Environment Day 2024

5 Simple Steps for Sustainable Lifestyle

Five practical ways to embark on a sustainable lifestyle.

Practical Tips for Household Waste

Sorting household waste is an essential step towards reducing waste generation and promoting environmental sustainability.

Understanding Non-Organic Waste

Non-organic waste refers to discarded materials that are difficult to decompose.

Cash for Trash: Turning Used Plastic Bottles into Rewards

Reverse Vending Machine (RVM) merupakan mesin untuk melayani penukaran botol plastik di fasilitas umum dengan menggunakan sistem poin lewat aplikasi Plasticpay.