• Wednesday, 16 October 2024

OJK Berusaha Terus Mendorong Literasi Pasar Modal Bagi Masyarakat

OJK Berusaha Terus Mendorong Literasi Pasar Modal Bagi Masyarakat
Tips Mengatur Keuangan Setelah Lebaran (Instagram @uangbaru.id)

SEAToday.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng seluruh pemangku kepentingan pasar modal untuk terus berusaha mendorong peningkatan literasi serta inklusi keuangan kepada masyarakat termasuk anggota Kepolisian RI, hal ini dilakukan agar masyarakat mempunyai pemahaman yang baik tentang produk-produk investasi yang aman dan legal.

"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat, termasuk anggota Polri, memiliki pemahaman yang baik terkait perencanaan keuangan serta akses terhadap produk-produk investasi yang aman dan legal,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi di Jakarta, Rabu.

Lewat kegiatan “Capital Market Goes to Office” (CMGTO), OJK berharap mampu memberikan pemahaman yang lebih baik bagi anggota Polri tentang cara menyikapi setiap penawaran investasi dan menentukan produk investasi yang aman, legal, dan terpercaya.

Hal tersebut menjadi penting karena semakin canggihnya penipuan berkedok investasi, mulai dari penggandaan uang, money games, mendapatkan bonus tinggi dari penjualan produk serta scamming.

Inarno menjelaskan berbagai peluang investasi menarik bisa di pasar modal yang bisa di akses siapa saja, seperti investasi saham, surat utang atau sukuk, instrumen derivatif, dan reksa dana.

Ia mengimbau masyarakat agar waspada dan selalu mengedepankan 2L yaitu Legal dan Logis sebelum melakukan investasi.

Legal yaitu memastikan bahwa setiap pihak atau penyelenggara yang menawarkan investasi mempunyai izin dari lembaga berwenang. Logis yaitu memastikan apakah keuntungan atau imbal hasil yang dijanjikan masuk akal dan realistis.

Tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat serta tidak memiliki resiko umumnya merupakan penipuan berkedok investasi.

Penulis: Alif Rifdah Halim

Share
ESG
AMAN Plants 10,000 Mangroves for Net Zero Goal on World Environment Day 2024

AMAN Plants 10,000 Mangroves for Net Zero Goal on World Environment Day 2024

5 Simple Steps for Sustainable Lifestyle

Five practical ways to embark on a sustainable lifestyle.

Practical Tips for Household Waste

Sorting household waste is an essential step towards reducing waste generation and promoting environmental sustainability.

Understanding Non-Organic Waste

Non-organic waste refers to discarded materials that are difficult to decompose.

Cash for Trash: Turning Used Plastic Bottles into Rewards

Reverse Vending Machine (RVM) merupakan mesin untuk melayani penukaran botol plastik di fasilitas umum dengan menggunakan sistem poin lewat aplikasi Plasticpay.