• Thursday, 19 September 2024

Dirut Pertamina Pastikan Pasokan Elpiji 3 Kg di Surakarta Aman

Dirut Pertamina Pastikan Pasokan Elpiji 3 Kg di Surakarta Aman
Dirut Pertamina Pastikan Pasokan Elpiji 3 Kg di Surakarta Aman. (dok. Pertamina)

SEAToday.com, Surakarta - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memastikan pihaknya akan menjamin pasokan gas elpiji 3 kg di wilayah Surakarta usai meninjau langsung sejumlah toko dan warung pengecer di kota tersebut, Jumat 6 September 2024.

"Hari ini saya datang langsung ke Surakarta dan sekitarnya setelah mendapatkan informasi adanya gangguan pasokan elpiji 3kg bagi masyarakat. Saya tadi mengecek langsung dan mendatangi beberapa penjual eceran hingga pangkalan agen elpiji 3 kg," kata Nicke dalam keterangan resminya.

Nicke mengatakan bahwa memang terjadi peningkatan permintaan elpiji 3 kg di wilayah Surakarta dalam kurun waktu sekitar tiga pekan terakhir. Ini terjadi dampak tumbuhnya UMKM dan musim tanam petani di area Solo Raya.

"Salah satunya sesuai data Pemkot Solo adalah peningkatan permintaan sebesar 15 persen untuk pedagang UMKM akibat tumbuhnya UMKM di Solo. Di satu sisi ini pertanda baik karena artinya perekonomian UMKM di Solo ini tumbuh cukup signifikan," lanjutnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini mulai memasuki musim tanam dan kemarau, sehingga konsumsi elpiji 3 kg meningkat untuk mesin pompa. Mesin ini digunakan untuk pengairan di sektor pertanian.

"Oleh sebab itu, Pertamina sejak Agustus lalu total sudah menambahkan 13.600 tabung elpiji sebagai langkah penanggulangan dan nanti akan kita sesuaikan mekanisme distribusi dengan kebutuhan," terang Nicke.

Nicke mengimbau masyarakat untuk tidak panic buying. Pertamina menjamin pasokan gas elpiji 3 kg aman untuk masyarakat dan tidak ada pengurangan pasokan.

"Pertamina bersama pemerintah juga akan terus memastikan bahwa distribusi elpiji 3kg bersubsidi ini bisa tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak," ungkap Nicke.

Share
ESG
AMAN Plants 10,000 Mangroves for Net Zero Goal on World Environment Day 2024

AMAN Plants 10,000 Mangroves for Net Zero Goal on World Environment Day 2024

5 Simple Steps for Sustainable Lifestyle

Five practical ways to embark on a sustainable lifestyle.

Practical Tips for Household Waste

Sorting household waste is an essential step towards reducing waste generation and promoting environmental sustainability.

Understanding Non-Organic Waste

Non-organic waste refers to discarded materials that are difficult to decompose.

Cash for Trash: Turning Used Plastic Bottles into Rewards

Reverse Vending Machine (RVM) merupakan mesin untuk melayani penukaran botol plastik di fasilitas umum dengan menggunakan sistem poin lewat aplikasi Plasticpay.