• Sunday, 06 October 2024

Kunjungi Borobudur, Menteri BUMN Pastikan Situs Warisan Budaya Dikelola Berbasis Spiritual, Budaya, dan Edukasi

Kunjungi Borobudur, Menteri BUMN Pastikan Situs Warisan Budaya Dikelola Berbasis Spiritual, Budaya, dan Edukasi
Menteri BUMN Erick Thohir saat berada di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Foto: Dok.Kementerian BUMN)

SEAToday.com, Magelang – Menteri BUMN Erick Thohir mendatangi kawasan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Kedatangan Erick ke Borobudur untuk memastikan perkembangan transformasi yang bertujuan menjadikan situs warisan dunia ini menjadi destinasi wisata yang dikelola berbasis spiritual, budaya, dan edukasi kelas dunia.

Dalam keterangan pers yang diterima, Erick menekankan setelah pengelolaan diberikan kepada InJourney melalui Perpres Nomor 101 Tahun 2024 tentang Tata Kelola Kompleks Candi Borobudur dalam upaya penataan dan pelestarian cagar budaya Indonesia.

Erick ingin adanya pembangunan yang berkelanjutan sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar Candi Borobudur. “Borobudur adalah warisan dunia yang harus kita kelola dengan visi yang jelas dan komitmen yang kuat. Pengembangan ini tidak hanya untuk pariwisata, tetapi juga untuk menciptakan dampak ekonomi bagi masyarakat, khususnya UMKM. Kita ingin memastikan semua pihak mendapatkan manfaat,” ujar Erick di sela-sela kunjungannya.

Erick menambahkan melestarikan dan mengoptimalkan potensi Borobudur adalah bagian dari tanggung jawab bersama demi masa depan Indonesia dan generasi mendatang serta mewujudkan komitmen menjadikannya sebagai destinasi global yang membawa manfaat berkelanjutan.

Erick melihat adanya dampak langsung dari pengembangan kawasan Borobudur terhadap Usaha Mikri, Kecil, dan Menengah atau UMKM. Meningkatnya jumlah pengunjung dan optimalisasi Borobudur mampu mendorong pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan pendapatan dan perkuat sektor ekonomi kreatif.

“Kita bangga melihat bahwa masyarakat lokal merasakan langsung dampak ekonomi dari proyek ini. Peningkatan pendapatan UMKM di sekitar kawasan Borobudur adalah hasil nyata dari komitmen kita Borobudur adalah hasil nyata dari komitmen kita untuk menciptakan ekosistem ekonomi yang inklusif,” kata Erick.

Pengembangan kawasan Candi Borobudur juga mencakup transformasi museum-museum di kawasan ini menjadi pusat pendidikan dan budaya yang lebih dinamis. Museum Borobudur dirancang untuk memperlihatkan nilai-nilai dalam membentuk peradaban Indonesia.

“Museum ini harus dilihat sebagai bagian dari cerita besar bangsa kita. Mereka bukan hanya peninggalan sejarah, tetapi representasi dari kekayaan nilai dan budaya Indonesia yang perlu dipromosikan kepada dunia,” tambah Erick.

Kata Erick, pemerintah akan terus meningkatkan aksesbilitas wisatawan internasional dengan membuka rute penerbangan langsung ke Yogyakarta agar daya tarik Borobudur sebagai destinasi wisata dunia bisa terwujud.

 “Indonesia memiliki potensi pariwisata yang besar, dan kita harus memastikan bahwa infrastruktur dan aksesibilitas kita siap bersaing dengan negara-negara lain,” bilang Erick.

Saat ini dijalankan keberlanjutan dengan pengembangan  Zona 2 yang mencakup Heritage Park seluas 60,89 hektar dalam pelestarian dan ekosistemnya. Borobudur akan memiliki berbagai klister seperti seperti Borobudur Spiritual Sanctuary (BSS) dan Taman Flora & Nursery, yang menggabungkan wisata spiritual, edukasi, dan budaya.

“Pengembangan ini harus selalu sejalan dengan pelestarian lingkungan dan nilai sejarah Borobudur, sesuai dengan rekomendasi UNESCO untuk menjaga Outstanding Universal Value (OUV) situs ini,” pungkas Erick.

 

Share
ESG
AMAN Plants 10,000 Mangroves for Net Zero Goal on World Environment Day 2024

AMAN Plants 10,000 Mangroves for Net Zero Goal on World Environment Day 2024

5 Simple Steps for Sustainable Lifestyle

Five practical ways to embark on a sustainable lifestyle.

Practical Tips for Household Waste

Sorting household waste is an essential step towards reducing waste generation and promoting environmental sustainability.

Understanding Non-Organic Waste

Non-organic waste refers to discarded materials that are difficult to decompose.

Cash for Trash: Turning Used Plastic Bottles into Rewards

Reverse Vending Machine (RVM) merupakan mesin untuk melayani penukaran botol plastik di fasilitas umum dengan menggunakan sistem poin lewat aplikasi Plasticpay.